Rabu, 03 Juni 2009

Kelelahan Kuputarung

Peluncuran Buku Antologi Puisi "Kuputarung" itu pun, pada akhirnya berjalan, seperti hujan di luar Balai, mengalir dari atap dan jatuh ke pelimbangan. Sabtu, 30 Mei 2009, dimulai pada jam 20.15 wib dari Balai Kelurahan Kebumen yang tak seberapa luas, tetapi terang itu menjadi arena launching. Puluhan apresian terkesan bergerombol namun tebarnya merata di dalam balai joglo yang lebih banyak pilar ketimbang jembarnya.
Beberapa kelompok teater hadir sebagai tamu yang terlalu sopan. Ada Sanggar "Ilir" Kebumen, Teater "Gerak" Kebumen, Teater "Margin" Purwokerto. Tak kurang pula, dua dalang Ki Basuki dan Ki Bambang Budiono, Ketua dan Pamong Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kab. Kebumen. Utusan beberapa sekolah, kebanyakan guru bahasa juga hadir setengah formil, dengan surat, yang bikin Panitia geragapan meskipun sebelumnya telah membayangkan. Bahkan juga ada sekelompok Petani dari kawasan "Urut-Sewu" di pesisir Kebumen Selatan. Beserta isteri mereka, anak dan Pemuda dari Paguyuban Parkir Pantai Setro.
Para isteri dan anak-anak pegiat komunitas ini juga ikut berbaur, meski pada akhirnya mereka, anak-anak itu tertidur.

Musik Puisi, alternatif berkesenian.

Tak semua puisi yang berjumlah 37 judul dalam buku antologi puisi "Kuputarung" dapat disajikan. Enam diantaranya memang diolah dalam bentuk sajian musik-puisi, 8 puisi dibacakan oleh ke 4 penulisnya. Tak ada cemooh, terutama saat puisi disajikan dalam bentuk yang berbeda dari pembacaan biasa.
Secara umum, puisi-puisi dalam buku antologi "Kuputarung" ini mungkin biasa saja. Tetapi, ada pesona baru ketika puisi ini dimusikalisasi. Dan bukan sekedar menjadi beda. Ini memberikan semacam peluang akan kemunculan genre berkesenian yang baru.
Puisi terbaik dalam buku antologi "Kuputarung", menurut Irma, seorang aktivis perempuan yang juga hadir di sana, adalah Panggil Aku Tan Moei karya Pitra Suwita. Puisi ini tidak dimusikalisasikan, sementara puisi yang lain juga dapat memunculkan pesona baru saat dimusikalisasi.

-bersambung-

1 komentar: